Silahkan Bagikan ^.^

>

Apa Yang Harus Dilakukan Saat Anak Marah?



Saat anak marah, lakukan hal ini..

1. Siapkan Kesabaran Kita

Anak yang sedang marah pasti kurang menyenangkan, bersiaplah menambah level kesabaran kita (∩_∩) Berdoalah terlebih dahulu lebih baik.

2. Dengarkan

Dengan penuh perhatian dengarkan apa yang membuat dia marah, tatap mata anak tersebut dengan lembut dan peluk atau tepuk-tepuk pundaknya.

3. Berikan respon yang tepat

Saat kita marah,kita tidak dapat berpikir dengan baik. Begitu juga halnya dengan anak kita, ada baiknya jika kita sementara waktu menahan diri untuk memberikan nasehat, berikan respon dengan berusaha "memahami" apa yang dirasakannya, dan bila perlu menanyakannya misalnya dengan :

"Mami tahu, pasti Cherish sedih karena kita tidak jadi ke kolam berenang. "

"Cherish marah karena kita tidak jadi pergi ya?".

Saat dia sedang bercerita jawab dengan "Oh begitu.." . " Iya, mama mengerti.."

4. Tetap Tegas Di Hal Yang Penting

Jika anak mulai membanting-banting mainannya, atau mulai melakukan yang berbahaya.. Baik jika kita mulai menegaskannya :

"Kakak, kakak boleh marah, tapi tidak dengan banting-banting mainan ya.. " Ambil mainannya, gendong kakak dan taruh ditempat yang lebih aman dan bebas barang-barang berbahaya.

5. Setelah anak reda marahnya

Selesaikan masalah yang terjadi, misalnya karena batal berenang. Buatlah janji baru kapan akan berenang. Atau berikan dia makanan kecil sebagai tanda permintaan maaf kita.

6. Nasehati

Di kesempatan yang baik dan sama-sama relaks bahas cara mengungkapkan marah yang lebih baik.. Misalkan katakan : "Dengan membanting-banting mainan, mainan kakak jadi rusak, kakak tidak punya mainan lagi, lebih baik katakan apa yang membuat kakak marah.. Ibu akan lebih paham.. "

Baik sekian tips cara mengatasi anak yang sedang marah (∩_∩) semoga bermanfaat.

Filled Under:

Label