Search This Blog

Cerdaskan Bayi Anda Dengan Aneka Mainan Buatan Anda Ini (^_^)


Berikut aneka mainan buatan sendiri yang dapat mencerdaskan bayi anda karena menstimulasinya (^_^)

1. Kantong Sensori

Siapkan plastik dengan zipper (mirip plastik obat ukuran besar) atau kantong plastik tebal, isi dengan cairan atau gel dan benda padat apapun. Misalnya cairan : air sabun, air berwarna, air es, agar-agar dll. Benda padat : manik - manik, alfabet plastik, glitter, tempelan dinding dengan fospor dll.

Pastikan plastik terkunci rapat dan plastik bersih, biarkan bayi anda meraba dan mengkocok-kocoknya (^_^)

2. Plastesin buatan sendiri

Untuk bayi anda yang masih memakan apapun, gunakan tepung terigu, sedikit pewarna makanan, dan air. Campurkan tepung dan air terlebih dahulu, masukan ke kantong plastik bening yang kuat, teteskan pewarna, kempiskan, ikat kuat ujung plastik, biarkan bayi kita meremas-remasnya dan melihat proses perubahan (pencampuran) warna plastesinnya (^_^)

3. Botol Sensori

Gunakan bekas botol air mineral, cuci bersih, isi dengan aneka manik, gliter, kelereng atau benda kecil lainnya. Isi dengan air, boleh di beri pewarna atau air sabun, tutup botol tersebut, bila perlu beri lem tutup botolnya.

Si kecil akan terpesona dengan aneka benda yang mengapung dan tenggelam, buih yang hilang dan timbul ketika botol di kocok, benda yang bergerak-gerak didalam ketika botol di kocok dll (^_^)

4. Kecapi karet kerdus

Gunakan kerdus bekas, buang bagian atasnya sehingga berbentuk box tanpa tutup,  kerat - kerat sisinya sedalam 1-2 cm sejajar antara keratan kiri dan kanan, keratan ini kita gunakan untuk "memegang" karet agar tidak lepas dari kerdus. Biarkan is kecil memainkan kecapi karet kerdus ini (^_^)

5. Botol kulintang

Gunakan bekas botol plastik, lebih baik jika bentuk dan bahannya berbeda agar bunyinya berbeda. Letakan kertas kerdus sebagai dasarnya, baringkan botol berjajar diatasnya, beri lem agar botol tidak bergerak gerak. Dengan sendok kayu pukul aneka botol plastik sehingga membentu bunyi unik (^_^)

Baik sekian Berikut mainan buatan sendiri yang dapat mencerdaskan bayi anda, semoga bermanfaat.

No comments

Silahkan Bagikan ^.^

>

Popular Posts

Total Tayangan Halaman