Jumat, 18 Oktober 2019

Anak Bayiku NICU Survivor




Ini foto dua tahun lalu.. Kalau boleh bilang, saat itu 10 hari saat paling rendah dalam hidup aku. Paling takut dan paling parno.
.
Jauh lebih daripada saat aku di vonis ada "tumor" atau "maybe kanker" di kedua payudara aku 2 tahun sebelumnya.
.
Beneran mama.. Gimana gak, dimulai dari 3 hari sebelumnya Sam harusnya lahir 1 bulan berikutnya... Tapi air ketuban nyusut bahaya dan harus dimajukan lahirnya sebulan. Tapi Sam belum 37 minggu, masi prematur dong?
.
Galau mau langsung cs atau tunggu mateng 37 minggu lebih, mikir 3 hari deh.. Akhirnya CS juga. Haa gitu CS anak lahir nangis kerass banget merah banget.. Lega kan ya? APGAR bagus.. begitu di coba IMD kok gak mau, trus nangis terus.
.
Di ruang pemulihan saya mulai ngerasa ada yang gak beres, suami mukanya kalut dipanggilin sama perawat bayi terus, trus bayi Sam gak room in room in padahal sudah 12 jam lebih.

Perawat yang jaga saya sampai saya omelin lo mam, secara feeling saya makin kuat ada apa apa sama bayi saya. Saya omelin "Sus kalau sampai bayi saya ada apa2 saya gak dibilangin, kalau saya "nyesel"saya salahin kamu lo sus!!!". Baru mereka keder n ngaku.

Saya mikir jauh mam, secara 1 keponakan saya gak ada sesaat setelah lahiran juga. Dan ternyata kasusnya mirip susah nafas juga.

Singkat cerita Sam itu dikasi oksigen biasa tetap sesak, di kasi CPAP tetap sesak (nafas ngos ngosan cepat gitu mam), butuh Ventilator kan? Nah ventilatornya kepakai semua, mana hari itu malam takbiran 😭. Panik semua perawat n dokter telpon RS sana sini g ada yang ready.. Perasaan saya? Gak bisa kebayang deh.. Saya habis cs gak boleh duduk apalagi jalan pula.

Kuat2 in geser2in tubuh buat ambil HP. Saya posting tu keadaan SAM di sosmed pribadi saya mohon doa teman2.. Gak peduli orang mau bilang lebai atau apa.. Saya percaya saat kita g bs, God selalu bisa. Saya tahu saya banyak dosanya mam 😅, jadi minta orang-orang bantu ketukin hati God lewat doa mereka hehe.. 

Gak lama dari saya post, teman2 reply dan dm saya.. Saya yakin mereka doain juga.. walau saya gak bisa balas dm dan reply mereka semua (krn kalau ketik tu jarum infus makin nancep di tangan) 😅.
.
Thx God.. Doa kami di dengar God.. Gak lama habis doa masal, Ajaib.. Baby lain sebelah SAM yang pakai ventilator baikan. 

Jadilah Ventilator buru buru langsung dipakein ke Sam mam, gak pakai acara steril. Soalnya Sam sudah biruu banget takut keburu lewatt 🙈.

Thx God 10 hari di NICU walau up down Sam akhirnya boleh pulang. Tinggal perjuangan kami jaga baby #nicusurvivor ni Mam.. Pas jaga Cherish kakaknya saja saya serem sama SIDS apalagi saat Sam.. 

Kami sangat bersyukur sekarang setelah melalui #fisioterapi dan #okupasi yang bikin Sam nangis nangis dan stres takut dokter segala, Sam boleh sesehat ini.. Seoke ini. 

Hmm karena pengalaman saya inilah maka saya masi aktivin Instagram @tipsibuhamildanmenyusui dan sharing sebisa saya tentang apa yang saya tahu. Kalau bisa jangan ada lagi deh mama yang ngalamin kasus kaya saya.

Haa lega, kmrn saya mau cerita maju mundur soalnya diagnosanya belum tegak si mam. Jadi bingung mau cerita apa. Sibuk terapiin Sam juga makanya channel Mommy Inova juga berbengkalai 😅.

Buat semua mama disana, semangat selalu ya 😘😘.  PR kita beda beda nih hehe..


Tidak ada komentar:

Posting Komentar