Selasa, 22 Oktober 2019

Melahirkan Anak Kedua Dengan BPJS Kesehatan



Halo mama..
.
Kali ini saya mau sharing pengalaman kami tentang BPJS.
.
Kurang lebih 3 tahun lalu, saat itu saya hamil sekitar 7 bulan. Perut besar tapi "kantong" tipis, makin besar perut makin tipis saja kantongku mam 😅 haha..
.
Gimana gak tipis? Secara saat hamil Sam, maboknya parah banget, pernah flek juga, sampai-sampai gak sanggup bekerja - yes mabok hampir 9 bulan 😅. 
.
(Trust me mabok 9 bulan ini ada, saya dan beberapa mama yang gak beruntung mengalaminya 😅.)
.
Nah melihat tabungan makin menipis, waktu lahiran makin dekat.. sesuatu deh ya. Saat itu BPJS masi asing di telinga saya mam. One day saat doa malam, seperti ada yang bisikin untuk ikut BPJS 😄. Serius mam.. Hmm.. Kalau yang bisikin itu malaikat, dia pastinya gak diendorse sama BPJS ya hehehe..
.
Singkat cerita setelah tanya sana sini,  saya minta hubby daftarin kami BPJS, selain cairin tabungan dan dana darurat untuk lahiran.
.
.
Saat urus BPJS untuk melahirkan memang gak sesimple tanpa BPJS ya mam. Saya kira ini wajar, karena bagaimanapun mereka harus mempertanggungjawabkan pengunaan dana ini ke banyak pihak.. Dokumennya jadi banyak dan lebih ribet deh..
.
Pelayanannya bagaimana? Saya kok gak lihat perbedaannya ya antara yang BPJS dan gak BPJS, tetapi memang fasilitas dan obat yang diberikan berbeda. Saya sudah komform soal hal ini sebelumnya pada dokter kandungan saya.
.
Trus jadi sakit banget gak cs nya? 
.
Anak pertama aku juga cs mam, obatnya kelas 1 atau VIP ya dulu saya lupa. Yang kedua ini memang terasa lebih sakit tapi gak sakit banget loh saya rasainnya. Bahkan rata2 mama info cs kedua memang lebih sakit daripada cs pertama walau obatnya sama. 
.
Perbedaan Fasilitasnya itu ada di kamar, kalau BPJS kelas 1 dapat kamarnya yang isi 2 pasien mam. Ha berhubung Cherish saat itu masi 6 Tahun, kami rawat Cherish sendiri, gak mungkin juga dia ditinggal di rumah atau titip saudara karena di Jogja hanya ada kami. Saya upgrade in kamar jadi sekamar isi 1 mam. Tambah berapa gitu saya lupa, sekitar 5-6 jutaan.. Soal upgrade kamar ini tergantung rumah sakit rujukan BPJS wilayah mam ya. Saya dapatnya di Hermina mam.
.
Trus bayar berapa jadinya? 
Karena Sam gak sempat masuk kamar saya (room in), Sam free dicover BPJS sepenuhnya. Kalau untuk saya karena upgrade kamar, bayar sesuai biaya upgradenya mam.
.
Soal terapi Sam juga banyak di cover BPJS kok mam, dokter.. test test lab juga di cover.
.
Kalau ada orang info BPJS ribet harus ada rujukan sana sini, saya sebaliknya mam. Saya lebih yakin, soalnya alurnya jelas dan bisa (bahkan harus bisa) dipertanggungjawabkan. Data pasien juga terintegrasi walau beda dokter, terapis dan rumah sakit. Recordnya jelas gitu mam.
.
Terima kasih banyak buat BPJS dan teman-teman peserta BPJS, berkat uluran tangan kalian jugalah Sam boleh tumbuh sehat sekarang.
.
Buat mama yang masi pikir-pikir ikut BPJS atau gak apalagi BPJS konon mau naik ya, kalau menurut saya ikut saja mam. Kita gak pernah tahu memerlukan kapan, usaha juga bisa naik turun 😋. *pengalaman pribadi saya haha..
.
Dan lagi, sakit biasa gak nginep juga bisa pakai BPJS kok.
.
Kalaupun Mama tidak menggunakannya, ada banyak sekali orang diluar sana yang mendapatkan manfaatnya dari kemurahan hati Mama ikut BPJS dan membayar iuran BPJS setiap bulannya.. hitung-hitung dana sosial mam 😊.
.
ASLI banyak yang benar-benar sanggup berobat kalau ada BPJS saja kalau g ada BPJS gak sanggup mam. Sering saya ketemu orangnya dan ngobrol dengan mereka.
.
Ok sekian sharing saya tentang BPJS yah.Semoga bisa diambil manfaatnya.
.
Instagram @inova.melisa
https://instagram.com/inova.melisa?igshid=i6o1g5dji5vh
Facebook : Inova Melisa
Youtube : Mommy Inova
www.inovamelisa.com
.
#bpjskesehatan #melahirkananak #ibumelahirkan #melahirkanbayiprematur #melahirkancesar #melahirkancs #cmelahirkancaesar #terimakasihbpjs #bpjs #bayinicu #bayinicusurvivor #bayiprematur #melahirkanbpjs #melahirkananak #ibumelahirkan #melahirkanbayiprematur #melahirkancesar #melahirkancs #cmelahirkancaesar #melahirkanenak #melahirkansaesar #melahirkansc #reviewbpjs #iuranbpjs #iuranbpjsnaik #bpjsnaik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar