Search This Blog

Cara Mengatasi Kepala Peyang dan Cara Mencegahnya

Hai Mama, pasti mama gak asing dengan kepala peyang pada bayi yah.. Di tulisan kali ini, ijinkan saya untuk membagikan pengalaman saya tentang kepala bayi peyang, bagaimana cara mengatasinya dan bagaimana cara mencegahnya..


Kepala peyang pada anak pastinya akan mengurangi nilai estetika yah ma.. Bahkan beberapa anak di bully dengan kata kata peyang penjol 😭.  Sebisa mungkin deh ya ma anak-anak kita dijauhkan dari bullyan semacam ini.


Nah ternyata kepala peyang pada bayi disebabkan dari beberapa hal, diantaranya adalah :


1. Posisi meletakan kepala bayi yang terus menerus sama, baik saat tidur, disusui dan digendong.


Kepala bayi baru masi sangat lunak, dan jika posisinya terlalu sering telentang, kepala bagian belakangnya banyak tertekan.. Akibatnya tulang kepala bagian belakangnya menjadi cenderung rata atau kita kenal dengan sebutan peyang. Jika miring terus ini juga dapat menyebabkan kepala bayi penjol (peyang di sisi kanan kiri kepala) 😅.


2. Bayi prematur


Bayi yang lahir prematur juga memiliki resiko peyang dan penjol yang lebih besar karena tulang kepalanya lebih lunak daripada bayi normal.


3. Proses kelahiran yang sulit.


Di vakum, proses kelahiran normal yang terlalu lama, ataupun sempat terhimpit rahim saat air ketuban kurang juga dapat menyebabkan bentuk kepala bayi jadi peyang.


Menyadari Samsam anak saya lahir prematur, saya perlu melakukan langkah mencegah kepala Sam peyang. Cara ini juga bisa dilakukan untuk mengoreksi kepala bayi usia 0-9 bulan yang terlanjur peyang ya ma..


Adapun langkah-langkahnya adalah :


1. Memvariasikan posisi kepala bayi, saat tidur, digendong ataupun disusui tidak hanya satu sisi saja.  Sesekali kita juga perlu menengkurabkan bayi sambil kita awasi.


2. Memastikan tumbuh kembang bayi baik, ketika bayi mengalami kekakuan otot leher atau kelainan mata atau telinga bayi bisa memiliki kebiasaan memiringkan kelapa ke satu sisi yang akan menyebabkan kepalanya peyang.


3. Melakukan terapi seserhana di rumah dengan menggunakan bantal peyang Baby CloudFoam ( BFC).


Saya yakin menggunakan Baby CloudFoam sebagai bantal terapi Sam karena dibuat dari bahan alami tanpa proses kimia, sehingga bebas efek samping. Bantal ini diisi dengan kulit kacang hijau yang diproses khusus dan didukung riset serta pengetahuan kedokteran. Sarungnya terbuat dari katun ya ma.. Kombinasi dua bahan ini membuat bayi tetap tenang karena kepala tetap sejuk dan nyaman.


Gak hanya mencegah peyang lo ma, bantal peyang Baby CloudFoam ( BFC) juga berfungsi memijat kepala bayi secara alami sehingga peredaran darah di kepala bayi jadi lancar, rambut bayi bisa tumbuh merata gak botak satu sisi.




Sekarang usia Samsam sudah 3 tahun, dan thx God bebas dari masalah kepala peyang. Jika mama ingin memberikan bantal peyang Baby CloudFoam ( BFC) pada bayi mama atau keponakan , produk bisa didapatkan disini yah..


Ok mama sekian sharing saya kali ini, semoga bisa diambil manfaatnya

49 comments

  1. Kalau pengalaman saya, maklum di kampung ya mengatasi kepala anak peyang ini menggunakan bantal yang isinya bukan kapuk atau dakron, melainkan beras. Iya jadi kepala bayi nanti membentuk sempurna karena beras mengikut bentuk beban yg menindihnya. Semoga bermanfaat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Info yang sangat menarik kak ^^ terima kasih sharingnya yah..

      Delete
  2. dulu anak aku,,dr bayi tidurnya gak pake bantal....ktnya sih bakal peyang...klo pun pake bantal...pake bantal yg ada bolongan di tengahnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, orangtua juga bilang bantal kapas malah bikin peyang.. hihi.. ^^

      Delete
  3. Baru tau info ini sih mbak, dulu kalau keponakan sukanya dikasih bantal yang tengahnya agak jeglong, eh apa tuh ada posisi buat kepalanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aha benar sekali kak ^^ kl ini jeglongannya bisa disesuaikan dengan kebutuhan.. Kalau untuk pencegahan jeglong tengah,, Kalau untuk terapi disesuaikan jeglongannya hehe..

      Delete
  4. Penting banget sebagai orang tua mengetahui informasi mengenai kepala peyang ini, lewat tulisan ini kita diberikan wejangan informasi terkait langkah-langkah menghadapi kasus kepala peyang ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih sudah berkunjung dan menyemangati kak ^^

      Delete
  5. BTW judulnya aku ngebacanya kelapa peyang... eh didalemnya ternyata kepala peyang. Ada ya kak caranya hehehe, baru tahu aku nih

    ReplyDelete
  6. eh iya ak dulu termasuk buibu yang jaga banget biar kepala anakku gak peyang loh, dan memang ak pake bantal khusus yang katanya bikin gak peyang, thanks God sih berhasil

    ReplyDelete
  7. Iya, anak prematur lebih rawan peyang.
    Masalah peyang ini, saya saat mengurus bayi, sangat konsern. PEncegahan lebih utama. Jadi selalu benerin posisi tidur bayi dan pakai bantal peyang yang tepat.

    ReplyDelete
  8. Yang namanya orang tua, pasti ingin yang terbaik buat anak yaa.. Termasuk aku. Aku juga pakai bantal peyang buat bayiku.

    ReplyDelete
  9. Dulu anakku juga peyang karena susah saat proses kelahiran, wah dulu blm ada bantal ini, sangat ngebantu ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak bantal ini ketipisannya dimana bisa kita atur ^^

      Delete
  10. Bantal peyang menjadi salah satu perlengkapan wajib punya untuk anak bayi nih.

    ReplyDelete
  11. Bantal untuk membantu mengurasi risiko kepala peyang memang membantu banget ya. Selain itu posisi anak saat tidur juga perlu diperhatian. Tipsnya membantu nih.

    ReplyDelete
  12. Waktu Ponakan daku masih bayi, kakakku concern banget memang sama bagian kepala, ternyata maksudnya agar nggak peyang seperti yang disampaikan Kak Inova di artikel ini

    ReplyDelete
  13. Alhamdulillah. Senang banget baca kabar bentuk kepala Samsam udah nggak peyang. Sehat-sehat terus ya Samsam dan mama papanya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih kak ^^ Iya doa yanng sama buat kakak dan keluarga..

      Delete
  14. Terimakasih tipsnya kak. Aku dulu pakai bantal yg tengahnya agak tipis.. biar bayi katanya gak tengok sana sini hehehhe.. Alhamdulillah gak peyang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya itu untuk pencegahan bisa ^^ kl ini tipisnya mau disebelah mana bisa diatur,, jadi bisa untuk cegah dan terapiin yang peyang atau penjol hehe..

      Delete
  15. Keponakan aku juga ada yg peyang mbak, makasih ya tipsnya.

    ReplyDelete
  16. Tadi agak ketuker-tuker antara kelapa atau kepala hehe. Btw terima kasih informasinya.

    ReplyDelete
  17. Baby CloudFoam bisa menjadi salah satu usaha agar tdk peyang ya, memang nih harus dikonsultasikan dg ahli mengenai kebiasaan2 untuk menghindari kepala peyang

    ReplyDelete
  18. pilihan bantal yang tepat bisa mengurangi bentuk kepala peyang pada anak ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak sebelum anak usia 9 bulan masi bisa dikoreksi kak ^^

      Delete
  19. Aku jadi membayangkan betapa nyaman baby tidurnya ya...Bantalnya diisi dengan kulit kacang hijau yang diproses khusus dan didukung riset serta pengetahuan kedokteran. Sarungnya terbuat dari katun Wah, kombinasi dua bahan ini membuat bayi tetap tenang karena kepala tetap sejuk dan nyaman...Pasti jadi berkualitas tidurnya juga kepala peyang pun takkan ada.

    ReplyDelete
  20. Bantal baby CloudFoam ini pas banget tuh dijadikan kado buat teman yang baru lahiran. Pasti bermanfaat banget :)

    ReplyDelete
  21. Jadi bantal bayi yang kebanyakan ada cekungannya gitu buat meminimalisir ini yaa. baru tau aku mbaa

    ReplyDelete
  22. Bentuk kepala peyang memang tidak estetis ya kak. Apalagi nantinya orang akan sering berkomentar bila ketemu si kecil mengenai kepalanya. Bagus juga produk bantal peyang ini ya kak. Bisa menjaga bentuk kepala bayi bulat sempurna

    ReplyDelete
  23. Saya sering mendengar anak-anak dibully dengan sebutan peyang.. peyang, Mbak. Padahal kepala peyang, sebisa mungkin diatasi sejak bayi ya. Caranya dengan memvariasikan posisi tidur si bayi.
    Dan syukurlah sekarang ada bantal khusus mengatasi kepala peyang. Harapannya tidak ada lagi yang dibully dan paling tidak memperbaiki estetika bentuk kepala anak.

    ReplyDelete
  24. mungkin alangkah lebih baiknya tulisan ini harus di publikasikan lalu di sebar kepada para ibu agar sibayi aman dari hal seperti kepala peyang

    ReplyDelete
  25. Dulu juga diajari oleh ibu saya agar saat bayi tidur, posisinya diubah-ubah. Jadi ibu jangan malas. Bayi tidur, ikutan tidur, hahaha ... Sesekali bangun, diganti posisi kepala bayinya.

    Kata orangtua jaman dulu memang manjur sih, ya. Wah, bantalnya isi kulit kacang ijo. Belum kebayang nih. Seharusnya sih empuk gitu ya, Mom?

    ReplyDelete
  26. Mba Inova,, cb ya adik saya dulu kenal bantal peyang Baby CloudFoam ( BFC) ini, mungkin kepala ponakan saya gak peyang huhuuu.. tfs yaa...sy forward deh ke teman yang membutuhkan info ini. Tfs

    ReplyDelete
  27. anak anak saya dulu juga pakai bantal baby yang isinya kacang ijo gitu mom.
    tapi ndak ingat merknya apa.
    sekarang anak anak dah pada gede, Alhamdulillah ndak peyang hehe

    ReplyDelete
  28. kepala peyang itu artinya bermasalah ya. tapi kemudian jadi bahan bullyan ya haha.. semoga mamak2 tdk langsung menyerah kl bayinya lahir peyang. masih bisa diusahakan ternyata ya..

    ReplyDelete
  29. stay safe and stay healthy everyone :D

    ReplyDelete
  30. Tulisan yg bermanfaat mb.. Mgkn bisa sdkt diedit trus dikirim k koran.. Agar lbh byk yg baca hehe..
    Mksh byk sharingnya .

    ReplyDelete
  31. Oh ternyata mengatasi kepala peyang bisa juga ya pake bantal baby cloud foam ini. Selama ini mah pake cara manual aja, justru malah kadang kadang gak dikasih bantal itu bayinya hehe

    ReplyDelete

Silahkan Bagikan ^.^

>

Popular Posts

Total Tayangan Halaman