Search This Blog

Stimulasi 9 Jenis Kecerdasan Anak

Stimulasi 9 Jenis Kecerdasan Anak


Halo parents semoga semua dalam keadaan sehat dan sukacita ya. 

Menurut Howard Gardner, tokoh pendidikan sekaligus psikolog ada 9 Jenis Kecerdasan Manusia termasuk pada anak-anak kita. 9 Jenis Kecerdasan ini disebut juga dengan kecerdasan majemuk.

Fakta membuktikan, sebagian anak-anak dikatakan bodoh karena tidak seperti anak lain, tidak pandai berhitung, menghafal, susah berbicara benar dan lain-lain. Fakta  yang menyedihkan, padahal sesungguhnya anak cerdas dengan bidangnya masing-masing.

Bagaimana dengan anak-anak kita? Apa bidang kecerdasannya dan bagaimana mengoptimalkannya lewat stimulasi? 

Ok ini dia 9 Jenis Kecerdasan Anak
dan contoh cara stimulasinya ya parents 
🙂.

1. Kecerdasan Linguistik atau kecerdasan berbahasa.
Kita bisa menstimulasi anak kita dengan sering berkomunikasi verbal dengan anak, mengajarkan membaca, memahami cerita, membacakan dongeng, memancing anak bercerita, dan lain lain. 

Btw dongeng juga bisa dijadikan sarana menstimulasi kecerdasan moral (yg berikutnya ini) juga kok parents, jadi satu aktivitas bisa dijadikan stimulasi beberapa bidang kecerdasan hehe..

2. Kecerdasan Moral.
Tentang bagaimana anak bersopan santun, menaati peraturan, mengendalikan diri. 
Kita bisa stimulasi dengan mendongeng yang menyangkut nilai-nilai moral mana yang baik dilakukan dan tidak boleh dilakukan, melalukan permainan dengan peraturan sederhana misal ular tangga, membiasakan anak ucapkan thx, maaf dan tolong dll.


3. Kecerdasan Logika Matematika
Biasanya jenis kecerdasan ini yang dikatakan sebagai anak cerdas hehe.. Meliputi daya logika sebab akibat, pengelompokan berdasar kategori, berhitung dll. Padahal gak hanya ini kok parents..

Kita bisa menstimulasinya dengan belajar hitung permen, permainan mengumpulkan benda warna merah dengan merah, mengurutkan benda kecil ke besar dll

4. Kecerdasan Kinestetik atau Gerak Tubuh.
Ternyata anak yang aktiv dan terampil secara fisik juga merupakan kecerdasan ya parents..
Jangan cegah anak bergerak aktiv (walau dia perempuan) , tetapi beri ruang untuk mengembangkan kecerdasannya ini.. 

Ih ngomong gampang aku sendiri suka kesel sama aktivnya Sam kok haha abis udah kaya spiderman aja apa apa dilompatin dipanjat 😅.

Kita bisa menstimulasinya dengan memberi ruang aktivitas tubuh, misal mainan trampoline, ajak menari, bermain sliding, bermain bola, main kejar kejaran dll

5. Kecerdasan Musik, kecerdasan dalam bidang musik meliputi nada dan suara hehe.
Kita bisa menstimulasi anak dengan mengajarkannya bernyanyi, maianan alat musik sederhana, menyetel aneka jenis musik, mengenalkannya aneka alat musik dan cara memainkannya dll.

6. Kemampuan Visual Spasial, kecerdasan ini untuk memahami, memproses dan berfikir ke dalam bentuk visual. Jadi dari melihat ruang dia bisa menggambarnya, atau dari membayangkan dia bisa menggambarnya, memahami peta dan gambar dll. Pilot, arsitek adalah orang-orang yang memiliki kecerdasan ini.

Aneka mainan anak yang aku bilang rekomend ada disini ya parents linktr.ee/Inovamelisa

Kita bisa stimulasi anak dengan bermain peta rumah ala bajak laut, bermain puzzle, mengingat jalan, menggambar,  melipat kertas dan lain lain.

7. Kecerdasan Naturalis.
Kecerdasan dalam memahami alam dan lingkungan sekitarnya. Pada penjaga hutan, pendaki gunung, petani, peternak, dokter hewan beberapa profesi yang membutuhkan kecerdasan ini hehe..

Untuk kecerdasan naturalits anak-anak distimulasi dengan ajak wisata alam, pelihara binatang, berkebun, dll

8. Kecerdasan Interpersonal (berhubungan dgn oranglain), orang marketing dan PR serta manager, serta para pemimpin nih perlu banget kecerdasan ini hehe..
Distimulasi dengan bermain bersama dengan teman sebaya, lebih tua ataupun lebih muda, permainan dan olahraga kelompok dll.

9. Kecerdasan Intrapersonal (kepercayaan diri, kegigihan, mengatasi kekecewaan dll).
Stimulasi dengan memberi tugas bertahap, mendukung tanpa memanjakan, kata motivasi dll.

Hmm ternyata kompleks ya parents 😄.
Semoga kita bisa membantu anak anak kita tumbuh dengan baik ya parents.

Ok sekian sharing aku hari ini, semoga bermanfaat ya.
.
Yuk kita sama sama berjuang lebih baik ya parents.. 🙂 Doa terbaik buat parents semua.. Doakan saya juga ya 🙏.
.
Best Regard
Instagram @inova.melisa
Facebook : Inova Melisa
Youtube :  Mommy Inova Melisa
www.inovamelisa.com
.

No comments

Silahkan Bagikan ^.^

>

Popular Posts

Total Tayangan Halaman