Search This Blog

Kepala Peyang Pada Bayi dan Solusinya

 Kepala peyang pada bayi banyak dikeluhkan para ibu sejak dahulu. Meskipun tidak secara langsung mempengaruhi perkembangan dan fungsi otak bayi, namun kepala peyang pastinya sangat mempengaruhi penampilannya bahkan sampai dewasa kelak.


Ada banyak penyebab sehingga kepala bayi menjadi peyang, pada dasarnya ini dikarenakan bayi baru memiliki tulang tengkorak yang masi lunak dan bisa berubah bentuk jika tertekan terus-menerus dibagian yang sama. 

Sebagai contoh jika bayi baru terus-menerus berbaring telentang, tulang tengkorak bagian belakang bayi tersebut akan tertekan terus menerus sehingga masuk ke dalam, menjadi datar dan gak membulat lagi , kemudian akhirnya menjadi peyang.

Contoh lainnya jika bayi terus-menerus digendong di sisi kanan, sehingga sisi kiri kepalanya terus-menerus tertekan, akibatnya sisi kiri kepalanya bisa masuk kedalam dan menjadi peyang (penjol).

Agar kepala bayi tidak menjadi peyang hingga dewasa kelak, parents bisa melakukan beberapa langkah ini ya parents :

Variasikan posisi tidur bayi.




Selagi kepala bayi masi lunak dan bisa berubah bentuk, variasikan posisi tidur bayi terlentang, miring kiri , miring kanan ya parents. Ini dimaksudkan agar kepala bayi mendapat tekanan yang seimbang sehingga tidak peyang.

Hindari membiarkan bayi tertidur dalam posisi tengkurab apalagi jika tidak diawasi ya parents, penelitian mengungkapkan sindrom kematian mendadak pada bayi meningkat ketika bayi tidur dalam posisi tengkurab.

Variasikan posisi bermain bayi.

Ketika bayi tidur kita posisikan telentang, miring kiri atau kanan, ketika sedang bermain kita bisa memposisikan bayi tengkurab atau tummy time ya parents. 




Tengkurab memiliki manfaat penting bagi bayi lo parents, gak hanya membantu mencegah kepala bayi menjadi peyang atau penjol. Tengkurab juga membuat bayi semakin pintar sebab dia bisa melihat benda-benda dengan sudut pandang yang berbeda, meningkatkan kemampuan penglihatan bayi dan melatih otot leher bayi.

Agar tengkurab makin asyik dan bermanfaat, berikut tipsnya :

* Lakukan bertahap.
Dimulai sejak puput pusar, 2-3 kali sehari, dimulai 1-2 menit sekali sesi hingga bisa ditingkatkan lama dan frekuensinya.
* Lakukan sambil menjalin bonding.
Parents bisa meletakan bayi diperut parents sehingga parents dan bayi bisa saling berhadapan dan bercanda bersama, sambil sama-sama tengkurab dan menghadap kaca dll.
* Lakukan sambil bermain.
Sekarang banyak mainan bayi yang mendukung tummy time loh parents, bayi jadi gak bosan dan tetap happy.

Variasikan cara menggendong bayi.



 
Seperti dijelaskan diatas, posisi gendong bayi yang sama terus-menerus juga bisa menyebabkan kepala bayi menjadi peyang. 

Dengan memvariasikan cara menggendong bayi, misal posisi berdiri bergantian kepala bayi disisi kanan/kiri tubuh kita, posisi mendekap bergantian di sisi kanan / kiri tubuh kita, posisi rebah bergantian di tangan kanan / kiri kita kepala bayi akan mendapatkan tekanan yang seimbang sehingga tidak peyang.
  
Gunakan bantal tidur anti peyang




Bantal bayi anti peyang juga bisa kita manfaatkan untuk mencegah kepala bayi menjadi peyang lo parents. Biasanya kita menemukan bantal bayi yang terbuat dari dacron, busa atau kapas ya. Untuk mencegah kepala bayi menjadi peyang, pilihlah bantal bayi yang terbuat dari kulit kacang hijau yaitu Baby Cloudfoam.
 
Baby Cloudfoam sudah ada sejak tahun 2006 loh, sudah banyak parents yang membuktikan manfaatnya termasuk para artis. Bantal bayi anti peyang
Baby Cloudfoam  berisi 100% kulit kacang hijau alami dan fresh.

Parents, mungkin kita heran ya.. Kenapa bantal bayi anti peyang
Baby Cloudfoam kulit kacang hijau?

Ternyata kulit kacang hijau bermanfaat untuk :

1.  Menyeimbangkan tekanan di kepala bayi sehingga mencegah dan memperbaiki kepala bayi peyang parents.
2.  Lewat gerakan bayi itu sendiri kulit kacang hijau dapat memijat kepala bayi secara lembut dan alami sehingga         bayi lebih nyaman dan tidur lebih lelap serta melancarkan peredaran darah pada kepala bayi.
3. Membuat rambut bayi tumbuh merata karena sirkulasi udara dan darah di daerah kepalanya lancar.

Jangan kuatir parents, penggunaan Baby Cloudfoam tidak memiliki efek samping ya parents.




Parents, ketika membeli Baby Cloudfoam kita harus berhati-hati karena banyak produk tiruan. Untuk menjamin keasliannya, pastikan produk yang parents beli memiliki ID Card Baby Cloudfoam yah.Untuk mendapatkan produk Baby Cloudfoam yang asli, aku memilih membelinya di website resmi Baby Cloudfoam, klik disini ya parents. (https://cloudfoam.id/cs-rotator

Yuk parents kita cegah dan atasi kepala peyang pada bayi kita 🙂.
Bantal bayi anti peyang dari Baby Cloudfoam solusi mudah dan praktis untuk kepala peyang pada bayi ya parents. Miliki sekarang parents,  persediaan terbatas, jangan sampai kehabisan.

Ok parents, sekian sharing aku tentang beberapa cara untuk mengatasi kepala peyang pada bayi. Semoga bermanfaat ya.. 🙂

7 comments

  1. Terima kasih sudah berkunjung yah.. 🙂

    ReplyDelete
  2. Ternyata nggak semua bantal itu bagus untuk perkembangan kepala bayi ya Mba? Salah pilih bantal, bisa membuat bentuk kepala bayi malah peyang.

    Baru tau juga kalo isi bantal bayi berupa kulit kacang ijo, yang mana banyak manfaatnya bagi perkembangan kepala si bayi. Makasih banyak infonya Mba Inova.

    ReplyDelete
  3. auto cek kepala bayi saya. kondisinya aman gak nih.atau butuh bantal anti peyang, kudu langsung beli biar gak makin aneh bentuk kepalanya.ternyata isi produk ini tuh kulit kacanghijau dong, woaaa

    ReplyDelete
  4. Salah satu anak kembarku sempat peyang itu mba, Rangin. Peyang kiri. Duh, kami panik semuanya. Memang benar, kami pake bantal tidur, juga pakai topi kura-kura namanya. Kebantu banget. Asalkan diterapkan sebelum usia bayi 1 tahun.

    ReplyDelete
  5. Yess...setuju...banyak variasi semakin baik... dari cara gemdong , bermain dan meletakkan kepala.. bantal yg baik juga sya gunakan demi menghindari kepala peyang...

    ReplyDelete
  6. Wah ternyata selain bantal cara menggendong juga dapat mempengaruhi kepala bayi. Pantesan di dayak Kalimantan saya hampir tidak pernah melihat bayi tidur dengan bantal pasti badan bayi tersebut diikat dengan kain jarik yang panjang dan dijadikan ayunan

    ReplyDelete

Silahkan Bagikan ^.^

>

Popular Posts

Total Tayangan Halaman