Search This Blog

Keuangan Keluarga Yang Sehat Perlu Dana Darurat


Keuangan keluarga yang sehat akan mendukung para anggota keluarga bahagia dan sejahtera, maka yuk kita sama sama belajar meraihnya parents ☺. 

Kita tidak bisa terlepas dari perencanaan keuangan atau managemen keuangan keluarga untuk mencapai keuangan keluarga yang sehat. Dana darurat harus ada dalam perencanaan atau managemen keuangan keluarga kita. 

Dana darurat ini adalah dana yang di siapkan untuk berjaga-jaga ketika terjadi keadaan darurat atau mendesak. Kita bisa menggunakan dana darurat ini, misalnya ketika tiba-tiba di PHK, alat kerja rusak, atau sakit yg tidak tercover asuransi.

Dimasa pandemi banyak perubahan terjadi, termasuk di dalam dunia kerja kita. PHK, potong gaji, usaha gulung tikar, penurunan keuntungan dll lebih mudah terjadi ya dibandingkan saat tidak terjadi pandemi.

Soal kesehatan juga gak perlu ditanyakan lagi, pandemi mengintai kesehatan setiap orang bahkan yang sudah divaksin sekalipun 😋.

Jadi dana darurat lebih wajib di anggarkan dimasa pandemi dan jumlahnya pun dibutuhkan lebih besar dibandingkan saat tidak ada pandemi.

Jumlah dana darurat yang dianjurkan bisa berbeda-beda, tergantung kondisi orang yang bersangkutan. Menikah atau belum menikah, punya anak atau tidak, jumlah anak, sifat pekerjaan orang tersebut (pekerjaan tetap atau sewaktu), memiliki asuransi kesehatan atau tidak dll.

Secara umum kita dianjurkan memiliki dana darurat 3-12 kali pengeluaran bulanan. Agar lebih aman aku sebut 12 kali pengeluaran bulanan aja ya parents hehe..

Dana darurat bukan dana investasi, dana pendidikan, bukan pula dana impian, juga bukan dana pensiun. Jadi dana darurat itu lancar bisa cair kapan saja, tapi bukan dipakai ketika anak masuk sekolah, kita kepengin jajan atau jalan 🤪, juga bukan jaminan pensiun kita makmur ya..

Dana darurat special dan menjadi prioritas utama kita menabung sebelum menyiapkan dana lainnya agar bisa tercapai keuangan keluarga yang sehat. 

Adapun urutan dana yang harus dimiliki oleh kita sebagai parents sebagai berikut :

1. Dana darurat. 
2. Dana kesehatan (asuransi). 
3. Dana pendidikan anak.
4. Dana impian / liburan. 
5. Dana pensiun. 

Ok sekian catatan aku semoga bermanfaat ya.

Best Regard
Instagram @inova.melisa
Facebook : Inova Melisa
Youtube :  Mommy Inova Melisa
www.inovamelisa.com
.
#youtuberibu 
#bloggerperempuan 
#contentcreatorindonesia
#youtuberjogja
#mommyinova 
#contentcreatorjogja
#inovamelisa
#momfluencer

No comments

Silahkan Bagikan ^.^

>

Popular Posts

Total Tayangan Halaman