Search This Blog

Cara Beres Beres Rumah Simple dan Cepat ala Orang Bule



Hai Mama, semoga semua dalam keadaan sehat dan sukacita ya..  

Ma, aku kemarin sering lo bingung sebetulnya beres beres rumah itu kewajiban siapa.. 🤭 Secara ya mama jaman sekarang juga banyak yang kerja, masi rawat anak juga, masakkan beres beres rumah hanya tanggungjawab para mama? Bahkan ibu hamil banyak yang masi beres beres rumah sambil jaga anaknya tanpa dibantu sama sekali oleh si bapak.

Dari awal kami nikah kami selalu punya pocokan atau PRT menginap yang bantu beberes rumah , nah sejak awal tahun 2020 kami tidak punya siapapun 😂. Selain lelah dengan dramanya, ada corona juga.
Nahh mulailah prahara beres beres rumah kami dimulai 🤭 hahaha..

Untuk mengatasinya saya banyak belajar tips beres beres rumah dari video youtube beres beres rumah orang di Eropa dan Amerika sana 😂  Saya lihat merekapun sama, tetap bekerja, rata-rata tidak punya PRT dan handle rumahnya sendiri. Beberapa bahkan sambil menjaga beberapa anaknya di rumah. 

Nah ternyata salah satu triknya adalah dengan mendelegasikan pekerjaan beres beres rumah pada peralatan rumah tangga.Peralatan rumah tangga mereka banyak yang berbeda dari peralatan rumah tangga yang biasa saya pake 🤭. Nah ini dia peralatan rumah tangga yang sudah saya buktikan sendiri sangat membantu pekerjaan beres beres rumah.

1. Vakum Cleaner

Biasanya kami menggunakan sapu biasa dan vakum cleaner hanya digunakan untuk boneka ataupun kasur. 

Setelah saya coba untuk membersihkan rumah, waah beres beres rumah makin cepat dan simple.
Debu yang saya bersihkan tidak berpindah ke tempat lain karena tersedot ke dalam, berbeda halnya ketika saya gunakan sapu tradisional untuk menyapu.. debunya terbang-terbang kemana-mana jika saya sapu cepat cepat (dan kuat kuat).

Kami pakainya ini yah



2. Mesin Cuci

Jujur biasanya yang pakai mesin cuci pembantu saya, saya membeli mesin cuci yang sedang sedang saja gak menggunakan fitur yang lengkap. Tapi ternyata mesin cuci dengan fitur yang lengkap lebih banyak membantu haha..
Contoh fitur mesin cuci yang kita perlukan sbb :

- satu tabung vs dua tabung ~ yang satu tabung akan lebih simple karena kita tidak perlu pindahkan baju ke tabung pengering.

- mesin cuci dengan air panas dan tidak, air panas banyak membantu untuk membersihkan noda dan mematikan kuman dipakaian.

- mesin cuci dengan indikator kerja otomatis banyak cucian vs lama menyuci . Jika komposisi ini kurang tepat hasil cucian kurang optimal.

- mesin cuci yang dapat otomatis mengenali bahan pakaian yg ada didalamnya dan mencucinya dengan mode yang sesuai dst.

Soal mesin cuci saya sempat kaget wow ternyata gak sesimple mesin cuci vs manual saja 😂😂.

Menimbang isi kantong dan usia mesin cuci yang belum lama kami ganti baru, kami putuskan tetal pakai mesin cuci standar kami namun dengan beberapa penyesuaian (yang tetap ekonomis 😂) agar hasilnya lebih optimal.

Saya vlogkan di youtube channel saya ini ya..
Lebih mudah di perlihatkan daripada di tuliskan soalnya 🤭.





3. Mesin Cuci Piring

Ternyata oh ternyata mesin cuci piring juga ada.. Dulu saya heran abis makan kok piring dimasukan oven? apapula itu? Ternyata itu bukan oven itu mesin cuci piring 😂😂. 

Cuma yang ini kami belum sepakat, Pak Su masi belum yakin dia akan bersih kerjannya. Pak Su lebih yakin kami yang mencucinya sendiri.. Btw yang cuci piring di rumah kami Pak Su loh 🤭.

4. Oven Microwave Slowcooker dan kawan kawan.

Untuk memasak mereka juga punya banyak perlengkapan yang sangat membantu. Misal oven dengan timer otomatis untuk membuat aneka makanan, kita gak perlu tungguin api kompor takut gosong 😜.

Slowcooker untuk masak aneka sup dan camilan. Microwave untuk panaskan aneka makanan beku, btw mereka juga sering melakukan menyetok makanan beku dan memanaskannya ketika akan di konsumsi.

Dan masi banyak peralatan lain yang mereka punya yang bikin saya terkagum kagum nan udik 🤭. Misalnya : mesin setrika baju dan pengering baju otomatis, robot penyedot debu otomatis (btw 3 hari lalu saya membeli yang harganya ekonomis lo wkwkw sebagus apa cek dibawah yah..), bahkan ada sikat toilet yang bersinar UV agar bebas kuman.. (saya pernah diminta review produk ini namun terkendala bahasa 😂).




Setelah kami coba beberapa alat saja sudah banyak membantu, pantas saja mereka fine fine aja tanpa PRT dan nanny, rumah merekapun tetap kinclong. Hmm doakan saya bisa rawat dan beres beres rumah lebih baik lagi ya mams 🤭.

Ampunn sebentar lagi kami balik pindah ke rumah kami, belum apa apa sudah deg degan bakal kaya apa hasil kerja saya nanti 😂 .

Ok mama sekian sharing saya kali ini, semoga bisa diambil manfaatnya yah.


Best Regard

Inova Melisa

10 comments

  1. Hihihi, memang bener Mbak..Saya ngerasain tinggal di Amerika 2 tahun, pas baru tiba si sulung 5 tahun si bungsu 2 bulan, suami kuliah full, cuma weekend kadang bisa bantu kalau ga ada tugas. Rumah 2 lantai (aparthome gitu) dan semua kerjaan beres kukerjakan. Termasuk jadi tuan rumah acara pengajian dengan tamu 15 keluarga (sekitar 40 an lebih anak dan dewasa)--sebagian besar menu kumasak sendiri. Pokoknya kalau inget itu, kok bisa sementara di Jakarta susah hahah
    Ternyata ya, bersih-bersih pakai vacuum, nyuci ada washer dan dryer-keluar bisa langsung pakai baju kering, ada dishwasher, microwave, dll...sehingga memnag dibantu banget sama alat-alat itu

    ReplyDelete
  2. Benar Mbak .. kalo punya semuanya itu waah nyaman, mungkin gak butuh ART kali ya hehe.

    ReplyDelete
  3. Kalau semua peralatannya lengkap lebih enak ya bisa kerja mandiri di rumah tanpa ART

    ReplyDelete
  4. ternyata ala kerja bule bersihkan rumah gak beda dengan orang indo yaa cuman saya asal kerja aja haha

    ReplyDelete
  5. Aku pake vacum cleaner cuma buat karpet doank mba.. kalo emang lebih cepat aku mau juga deh nanti coba
    ..

    ReplyDelete
  6. Mesin memang bisa mengganti tenaga manusia dengan efektif Ya Mbak.... Tapi memang butuh budget yang lumayan ya Mbak.... hehehe

    ReplyDelete
  7. wah iya, aku belum ada mesin untuk pencuci piring.. pasti akan praktis dan sangat berguna untuk keperluan rumah tangga ya :D

    ReplyDelete
  8. Mesin cuci piring memang belum umum dimiliki para keluarga Indonesia ya Mbak... soalnya terkait latihan juga buat anak mengerjakan chores nya. Trus ada hasil riset juga kl cuci piring manual itu bs menghilangkan stres lho, menarik kan

    ReplyDelete
  9. Wah mau pnya alat2 buat bersih2 kyk gitu praktisss bngttt..dan rumah pasti jadi bersih..

    ReplyDelete
  10. Aku terbantu banget dengan mesin cuci satu tabung. Tertarik nih pengen punya mesi cuci piring hahaha tapi ntar aku nya rebahan mulu

    ReplyDelete

Silahkan Bagikan ^.^

>

Popular Posts

Total Tayangan Halaman