Search This Blog

Tips Berkomunikasi Dengan Pasangan





Halo teman-teman semoga teman-teman dan keluarga dalam keadaan sehat selalu ya.. 😊 Kali ini saya mau sharing tentang Tips Berkomunikasi Dengan Pasangan yang kami sesuaikan dari ourpeacefulfamily.com

Eh eh.. Kami juga masi belajar dan berusaha njalaninnya loh yah,  yuk sama sama semangat 😄😄.
.
Cukup sering mendengar ucapan "sudah males lah ngomong sama dia (pasangan)", atau "dia (pasangan) itu kaya gitu susah dibilangin" dll dll.. Yang tandanya komunikasi diantara mereka buntu.
.
Kami juga pernah kok ngomong gitu. Selama 10 th lebih pernikahan, kami berantem pasti gak cukup dihitung pakai jari ya.. walaupun sudah ditambah jari kaki wkwkwk 😂😂.
.
Komunikasi itu salah satu nafas hubungan yang baik, so sangat perlu dan layak diperjuangkan jadi baik. Tenang.. Jalan buntu bisa kok di bor atau di bom so jadi lancar lagi 😁😁 hehe...
.
Disini kami coba rangkum pengalaman dan pembelajaran kami tentang 7 tips agar komunikasi dengan pasangan jadi lancar.. Ok ini dia tipsnya :

1. Bangun kebiasaan menyediakan waktu dan perhatian untuk mendengarkan pasangan.

Sesibuk apapun perkerjaan dan urusan rumah, komunikasi dengan pasangan sangat penting. Posisinya hanya satu nomor dibawah komunikasi dengan Tuhan (berdoa).
Yap.. kalau komunikasi dengan Tuhan macet biasanya komunikasi dengan pasangan makin parah 😋.

Kalau kami biasanya berkomunikasi saat anak anak sudah bobok, dan tinggal kami berdua yang pacaran.. Ciee.. 😉😉 haha..

2. Berusaha membayangkan posisi anda di pihak pasangan, sehingga bisa memahami sudut pandangnya.

Misalnya paksu orangnya rumahan, gak heran paksu pengin rumah yang homy dan nyaman serta suasana yang menyenangkan dirumah. Gak heran kan Pak Su gemar menabung demi rumah impian dan jarang mau kita ajak jalan-jalan kongkow dengan teman-teman 😋.

3. Pastikan kebenaran informasi yang anda peroleh dari pasangan, dan bertanyalah jika ada yang tidak jelas.

Misalnya kita sedang membahas masalah "siapa yang mendampingi sekolah anak online", setangkap kita paksu meminta kita mendampingi anak anak sekolah online, hanya saja tugas masak digantikan oleh paksu.

Maka tanyakan benarkah apa yang kita tangkap ini agar kedepan tidak keliru dan tidak perlu ada salah paham.

4. Jaga Intonasi saat berkomunikasi dan tetap jelaskan keberatan atau usul kita.

Diam bukan selalu emas, dalam komunikasi menjelaskan keberatan atau usul kita ternyata sangat penting. Penelitian membuktikan banyak permasalahan suami istri terjadi hanya karena kurang memahami keinginan pasangan, salah satunya karena diam alias mutung ini hihi..

Jelaskan keberatan dan usul kita namun tetap dengan intonasi yang baik, hal sepele jika intonasi gak enak bikin jadi ribut. Sebaliknya hal besar jika intonasi tepat, bisa dibicarakan baik-baik. Kami juga sedang terus belajar nih soal intonasi... 😄.

5. Gunakan metode berkomunikasi lainnya jika ngobrol langsung terasa susah atau gak nyambung.

Misalnya dengan whatsapp an, agak aneh memang...Tetapi ada beberapa orang lebih mudah memahami informasi lewat tulisan, jadi ya menjelaskan mirip membuat sebuah surat begitu hehe..

Atau dengan share link penjelasan pakar tentang apa yang kita maksudkan, secara kita juga bisa terbatas dalam menjelaskan sesuatu yah..  

Kemarin kami belum sepakat soal pembelian water heater listrik vs tenaga surya vs kompor gas, akhirnya paksu sharing kelebihan heater listrik vs kompor gas.. dan share harga water heater tenaga surya yang jauh beda 🤣🤣. Akhirnya kami sepakat beli water heater listrik.

6. Hindari berkomunikasi ketika sedang ada yang emosi.

Kalau emosi, pikiran dan hati jadi gak bener, ucapan juga ngelantur. Tunda dulu berkomunikasi apalagi bahas yang berat-berat sampai tenang.

Kalau diteruskan biasanya jadi kacau keputusannya atau malah jadi saling menyakiti karena ucapan jadi jahat hehe..

7. Jadikan langkah 1-6 sebagai usaha kontinue untuk membangun komunikasi sehat dengan pasangan.

Sama halnya dengan pekerjaan, persaudaraan, atau apapun.. Hubungan suami istri juga perlu di pupuk dan dibina dalam hal berkomunikasi.

Semoga kita semua dimampukan ya teman-teman.. Yuk kita sama sama berjuang teman-teman.. Doa terbaik buat teman-teman semua 🙏😊.


 Best Regard
Instagram @inova.melisa
Facebook : Inova Melisa
Youtube :  Mommy Inova Melisa
www.inovamelisa.com
.
#youtuberibu 
#bloggerperempuan 
#contentcreatorindonesia
#youtuberjogja
#mommyinova 
#contentcreatorjogja
#inovamelisa
#momfluencer

5 comments

  1. setuju dengan poin membangun kebiasaan menyediakan waktu dan perhatian untuk mendengarkan pasangan. quality time itu penting untuk menjaga hubungan tetap harmonis ya kak :D

    ReplyDelete
  2. Yes.. hindari komunikasi ketika sedang emosi. Kalo suami biasanya dibiarkan reda dulu. Katanya sih kaum lelaki suka berdiam dulu di "gua," kalo udah tenang baru bisa diajak berdamai.

    ReplyDelete
  3. wah penting banget nih ya, praktikkin cara komunikasi yang santuy sama pasangan. Soalnya terkadang karena ga ada komunikasi, dan terputus ya malah jadi ambyar hahahha

    ReplyDelete
  4. Senantiasa menjaga komunikasi dan kroscek kebenaran penting ya ... bahaya kalau sampai ada masalah yang membuat kita tidak percaya pada pasangan. Butuh tips tertentu memang. Makasih yaa sudah berbagi.

    ReplyDelete
  5. Setuju, pasangan nomor dua utama setelah Tuhan. Beneran kalau kuncinya komunikasi. Dan dengan tips yang disebutkan di atas dan keduanya saling menghargai pasangannya, semua bisa lancar jaya , meski ada ambek-ambekan dikit gapapa lah buat seni hihi

    ReplyDelete

Silahkan Bagikan ^.^

>

Popular Posts

Total Tayangan Halaman