Search This Blog

Syarat Bayi Bisa Di Lahirkan Normal

Siapa diantara para mama ingin melahirkan secara normal? 🙂 Apa saja sih syaratnya agar mama bisa melahirkan normal?  Dan apa syaratnya agar Bayi bisa dilahirkan normal?

Iya, gak cuma mamanya punya syarat agar bisa melahirkan normal, tetapi bayi juga harus memenuhi syarat untuk dilahirkan normal. Nah apa saja si syaratnya supaya bayi bisa dilahirkan normal? Ini dia ya ma..


Jadi sebenarnya kedua anak saya lahirnya caesar ma, karena bayi saya gak memenuhi syarat dilahirkan dan saya gak memenuhi syarat melahirkan normal 😄. 

Syarat agar bayi bisa dilahirkan normal adalah bayinya, air ketuban, placenta dan talipusat normal dan sehat ya ma, maksudnya adalah sebagai berikut :

1. Ukuran bayi normal
Tidak boleh terlalu besar atau terlalu kecil, jika telalu besar akan sulit proses lahirannya.
Sebaliknya kalau terlalu kecil bayi tidak kuat menghadapi tekanan jalan lahir Ma. Nah idealnya bayi normal lahir dengan berat 2.9 kg - 3.4 kg untuk perempuan, dan berat 3 kg - 3.6 kg untuk bayi laki laki.

2. Usia bayi normal. 
Jika bayi di perut sudah terlalu lama, ditunggu secara alami ataupun sudah di pancing dengan metode kedokteran tidak berhasil juga dokter ambil langkah caesar.

3. Posisi bayi.
Posisinya sudah benar, gak sungsang. Ada ibu yang akhirnya perlu caesar karena posisi bayi di panggul tidak tepat.

4. Air Ketuban Aman
Air ketuban yang terlalu sedikit juga beresiko tinggi jika dilahirkan normal.

5.  Bukan bayi kembar.
Tapi ada kok bayi kembar yang bisa dilahirkan normal, kembali ke keputusan dokter kandungan ya Ma.. 😉

6. Placenta
Letak placenta gak halangi jalan lahir, kalau halangi kelahiran normal akan sulit dan berbahaya ya ma.. Karena placenta alat bayi dapat makanan dan oksigen. Kondisinya juga bagus gak ada pengapuran dll.

7. Tali Pusat
Gak melilit ke bayi sehingga sulit proses kelahiran, apalagi melilit di leher 🙈. Kondisinya juga bagus sehingga bayi tetap bisa dapatkan oksigen dan makanan dengan baik dari plasenta.

8. Bayi sehat
Detak jantung baik, lincah dan aktiv.

Lalu gimana dokter bisa tahu kondisi bayi kita gak bisa dilahirkan normal? Selama ini yang paling banyak bantu dengan proses USG ya ma..

USG ada beberapa jenis ya ma, untuk memberikan detail detak jantung bayi ada USG Echocardiography. Untuk detail bentuk fisik bayi dan organ sekitarnya bisa dengan USG 3D. Untuk melihat aliran darah di bayi bisa lewat USG Doppler imaging.

USG gak berbahaya ya ma, jadi gak perlu kuatir melakukannya untuk memastikan kondisi kesehatan bayi mama. 🤗.

Ok sekian sharingnya.. Semoga bermanfaat

Instagram @inova.melisa
Facebook : Inova Melisa
Youtube : Mommy Inova Melisa
www.inovamelisa.com

12 comments

  1. Ternyata banyak sekali syarat yang harus dipenuhi agar bayi bisa dilahirkan secara normal ya, Mbak. Soalnya ada anggapan di masyarat, persalian sesar itu buat gaya-gayaan saja, mau dikata dan sebagainya. Padahal memang ada syarat yag tak terpenuhi untuk bayi dilahirkan normal.

    ReplyDelete
  2. Dua kali melahirkan dengan ceritanya masing-masing, tapi Alhamdulillah bisa normal. Memang perlu banget tahu syarat bayi yang memang bisa dilahirkan normal. Bisa semua bisa selamat.

    ReplyDelete
  3. duhh pelajarang penting bagi ku ini nanti apabila ingin punya anak harus melihat kondisi istri dan di jaga terus kandungan janin

    ReplyDelete
  4. Nahh, kalau nonton drakor terbaru Birthcare Center, di sana ada Ibu kembar atau ibunya Sarang yg bisa melahirkan anak kembarnya dengan normal, hihi...padahal secara medis semestinya gak bs kan ya Mom Inova... yah namanya aja drama Korea genre komedi, kl gak lebay mah gak lucu ^^

    ReplyDelete
  5. Tapi semua Allah yang mengatur, dulu anak kedua juga sebetulnya memenuhi syarat melahirkan normal, tapi ternyata Allah berkehendak lain sehingga harus Caisar

    ReplyDelete
  6. makasih ya tipsnya
    harus dilanjutin nih artikelnya
    mungkin bisa menjawab pertanyaanku: bisa gak sih kita mengatur supaya lahiran kita normal?

    ReplyDelete
  7. Dari ketiga anak saya semuanya punya masalah di poin 1, 2, dan 6.
    Tiga-tiganya cesar. Karena saya sendiri preclamsi.

    ReplyDelete
  8. Kebetulan banget nih aku lagi hamil dan HPL tinggal menghitung hari. Jadi deg2an walaupun ini bukan yang pertama kali. Thanks sharingnya mba, saya berharap persalinan yg ke-3 nanti ini bisa normal aja seperti sebelum-sebelumnya. Aamiin

    ReplyDelete
  9. Letak placenta gak halangi jalan lahir, kalau halangi kelahiran normal akan sulit dan berbahaya ya --> ini kasusku saat kehamilan si bungsu. Placenta Previa, jadi plasenta nutupin jalan lahir normalnya, akhirya sesar deh. Kalau si sulung normal lahirnya

    ReplyDelete
  10. Informasi ini harusnya sudah dibekali buat ibu sejak mulai hamil anak pertama ya mba.

    Saya jadi teringat bahwasanya kakak saya pernah partus di sebuah klinik bidan, yang bidannya tidak faham bahwa pasien kondisinya plasenta Previa. Bidan menyiapkan persalinan normal, padahal kondisi tidak memungkinkan.

    Akhirnya bayi meninggal di rahim, ibunya koma karena tekanan darah jadi tinggi. Hiks

    ReplyDelete
  11. normal atau caesar yang penting bunda dan dedek bayinya sehat ya bun, terimakasih infonya kalau bayi tidak memenuhi syarat sebaiknya jangan ngoyo paksakan diri untuk normal ya.

    ReplyDelete
  12. Wah saya yang belum pernah lahiran jadi tiba-tiba dapat ilmu runtuh nih trims kak hehehehe. Banyak banget ternyata yang jadi pertimbangan buat melahirkan normal ya kak, noted

    ReplyDelete

Silahkan Bagikan ^.^

>

Popular Posts

Total Tayangan Halaman